Cara Mengaktifkan dan Info Bayar di Tempat Tokopedia

Di tahun 2019 ini tokopedia meluncurkan banyak fitur barunya , salah satunya iyalah Bayar di Tempat . Tekopedia bersama kurir SiCepat memberikan layanan ini kepada pembeli untuk menarik minat pembeli dengan memberikan variasi pembayaran yang lebih mudah . Hal ini dapat dimanfaatkan oleh Seller Tokopedia untuk meningkatkan penjualannya . Apa saja sih keuntungan mengaktifkan bayar ditempat ?

Keuntungan mengaktifkan Bayar Ditempat Tokopedia

Jangkau pembeli baru lebih luas lagi
Fitur ini dapat menjangkau calon pembeli baru, karena fitur ini dikhususkan untuk pengguna baru Tokopedia yang belum pernah belanja di Marketplace dan Official Store. Dengan menjangkau pembeli baru yang lebih banyak, toko Anda akan lebih ramai dan keuntungan pastinya akan meningkat!

Transaksi aman dan nyaman
Anda gak perlu khawatir barang hilang saat di perjalanan, karena seluruh pengiriman dengan fitur bayar di tempat ini dilindungi asuransi dan serah terima barang hanya dilakukan setelah pembeli sudah membayar

Tanpa Biaya
Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun untuk seluruh transaksi yang menggunakan fitur ini. Saat produk tidak diterima pembeli, produk akan kembali ke seller dan biaya kirimnya ditanggung oleh Tokopedia

Toko memiliki citra yang positif
Dengan adanya fitur Bayar di Tempat, membuat toko Anda dianggap terpercaya oleh para pembeli karena barang pasti sampai di tangan pembeli.

Cara Mengaktifkan Bayar di Tempat Tokopedia

Berikut panduan cara mengaktifkan Bayar di Tempat Tokopedia .

1. Login ke Tokopedia , pilih Pengaturan Toko
2. Pilih Menu Layanan , kemudian Centang bagian ( Saya menyetujui Syarat dan Ketentuan Bayar di Tempat ) . Jika sudah klik Aktifkan Layanan
Cara Mengaktifkan Bayar di Tempat Tokopedia

Cara Kerja Bayar di Tempat Tokopedia

Tidak ada perubahan dalam proses terima pesanan. Setelah terima pesanan berhasil, penjual akan menerima nomor resi booking yang dapat dilihat pada tab Konfirmasi Pengiriman.
User-added image
Konfirmasi Pengiriman
Cetak Label Pengiriman
Pada tab “Konfirmasi Pengiriman”, dipastikan anda mencetak label pengiriman dengan meng-klik “Cetak” pada pesanan.
User-added image
Tempelkan label pengiriman yang mengandung barcode resi pengiriman pada paket pesanan.
User-added image
Perhatian: Dipastikan anda telah mencetak label pengiriman dan menempelkannya pada paket agar paket dapat dikirimkan menggunakan kurir yang bekerja-sama untuk layanan Bayar di Tempat.
Request pick up
Setelah barang siap dikirim, penjual dapat klik “Request Pickup” pada pesanan SiCepat.
User-added image
Untuk dicatat, berikut adalah periode request pickup dan jadwal pickup kurir SiCepat:
User-added image
Setelah melakukan request pickup, pesanan akan pindah ke tab Status Pengiriman.
Update status pengiriman otomatis (AWB otomatis)
Ketika kurir SiCepat datang untuk pickup barang, kurir akan melakukan scan pada barcode resi pengiriman pada label pengiriman.
Sesudah di-scan, dalam waktu maksimal 1 jam, status pesanan Anda akan otomatis berubah menjadi “Dalam pengiriman” sehingga penjual tidak perlu lagi menginput resi.
Pembeli juga sudah dapat mulai melacak status pengiriman.
Pemotongan ongkos kirim saat pesanan selesai
Ketika barang sudah diantarkan dan diterima oleh pembeli, dan pembeli menyelesaikan transaksi, saldo penjual akan otomatis terpotong biaya pengiriman. Oleh karena itu, penjual tidak perlu lagi membayar biaya pengiriman ke kurir ataupun agen SiCepat.
Syarat dan Ketentuan Bayar di Tempat
Syarat dan Ketentuan Bayar di Tempat merupakan bagian dari Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi Tokopedia. Penggunaan fitur Bayar Di Tempat tunduk pada Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, dan Syarat dan Ketentuan yang tertulis di bawah ini. Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban pengguna secara hukum.

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs www.tokopedia.com, maka Pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan. Syarat dan Ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan PT Tokopedia. Jika Pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan, maka Pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di www.tokopedia.com.

A. Definisi
  1. Tokopedia adalah PT Tokopedia dan seluruh afiliasi atau anak perusahaannya, suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha jasa web portal www.tokopedia.com, yakni situs pencarian toko dan Barang yang dijual oleh penjual terdaftar.
  2. Situs/Aplikasi adalah situs www.tokopedia.com milik Tokopedia yang dapat diakses melalui desktop site dan/atau aplikasi yang berbasis Android atau iOS.
  3. Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan Tokopedia, termasuk namun tidak terbatas pada Pembeli, Penjual ataupun pihak lain yang sekedar berkunjung ke Situs Tokopedia.
  4. Pembeli adalah Pengguna terdaftar yang melakukan permintaan atas Barang yang dijual oleh Penjual di Situs Tokopedia.
  5. Penjual adalah Pengguna terdaftar yang melakukan tindakan buka toko dan/atau melakukan penawaran atas suatu Barang kepada para Pengguna Situs Tokopedia.
  6. Barang adalah benda yang berwujud/memiliki fisik Barang yang dapat diantar/memenuhi kriteria pengiriman oleh perusahaan jasa pengiriman Barang.
  7. Mitra Kurir adalah pihak ketiga yang bekerjasama dengan Tokopedia untuk menyediakan layanan pengiriman Barang dan fitur Bayar Di Tempat pada Situs/Aplikasi.
  8. Bayar Di Tempat adalah fitur pada Situs/Aplikasi yang memberikan kemudahan bagi Pembeli untuk melakukan pembayaran secara tunai melalui Mitra Kurir.
  9. Pusat Resolusi adalah fitur yang disediakan oleh Tokopedia untuk memfasilitasi penyelesaian masalah transaksi antara Pembeli dan Penjual.
  10. Ketentuan Situs adalah Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, Syarat dan Ketentuan ini dan setiap Syarat dan Ketentuan lain yang dapat berlaku untuk atau sehubungan dengan penggunaan Situs/Aplikasi dan seluruh fitur yang terdapat di dalamnya.
  11. Syarat dan Ketentuan adalah Syarat dan Ketentuan untuk menggunakan fitur Bayar Di Tempat.
B.  Kelayakan Pengguna
  1. Fitur Bayar Di Tempat hanya bisa digunakan oleh Pengguna terdaftar di Situs/Aplikasi yang belum pernah atau yang baru pertama kali melakukan pembelian Barang melalui Situs/Aplikasi.
  2. Pengguna yang belum pernah atau yang baru pertama kali melakukan pembelian Barang melalui Situs/Aplikasi diberikan kesempatan sebanyak maksimal 6 (enam) kali untuk menggunakan fitur Bayar Di Tempat.
  3. Dengan menggunakan fitur Bayar Di Tempat, maka Pengguna dianggap telah memahami dan akan mematuhi Syarat dan Ketentuan ini.
  4. Pengguna tidak dapat mengalihkan fitur Bayar Di Tempat yang melekat pada akunnya kepada akun lain.
  5. Tokopedia berwenang untuk menghentikan atau mencabut layanan atau manfaat fitur Bayar Di Tempat tanpa pemberitahuan sebelumnya, untuk sementara atau untuk selamanya, apabila Pengguna terindikasi melakukan tindak kecurangan atau pelanggaran Ketentuan Situs. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap kerugian yang timbul akibat dari tindakan tersebut bukanlah tanggung jawab Tokopedia.
  6. Syarat dan Ketentuan ini dapat diubah dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu, Tokopedia menyarankan agar Pengguna membaca secara seksama dan memeriksa Syarat dan Ketentuan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun, dengan mengakses Situs/Aplikasi, maka dianggap telah membaca dan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini.
C. Pembeli
  1. Fitur Bayar Di Tempat hanya bisa digunakan apabila Penjual mengaktifkan fitur tersebut pada Barang yang ditawarkannya.
  2. Fitur Bayar Di Tempat untuk saat ini hanya bisa digunakan untuk beberapa kota tertentu, yaitu Medan, Jakarta, Solo, Yogyakarta, Surabaya, dan Malang.
  3. Fitur Bayar Di Tempat hanya bisa digunakan apabila Pembeli memilih durasi pengiriman yang mendukung fitur tersebut pada laman pemilihan durasi pengiriman.
  4. Fitur Bayar Di Tempat hanya bisa digunakan untuk Mitra Kurir yang mendukung fitur tersebut
  5. Fitur Bayar Di Tempat hanya bisa digunakan apabila seluruh Penjual atas Barang yang telah dipilih Pembeli dalam keranjang telah mengaktifkan fitur tersebut.
  6. Maksimum jumlah pembelian Barang yang menggunakan fitur Bayar Di Tempat adalah sebesar Rp 1.000.000 (satu juta Rupiah) per transaksi, termasuk apabila terdapat promo berupa potongan harga.
  7. Untuk transaksi pertama hingga transaksi ketiga tidak dikenakan biaya tambahan terhadap transaksi.
  8. Untuk transaksi keempat hingga keenam, akan dikenakan biaya layanan sebesar 2,5% (dua koma lima persen) dari total transaksi.
  9. Pembeli memberikan uang pembayaran kepada Mitra Kurir pada saat pesanan tiba di tujuan, sesuai dengan nominal yang tertera pada faktur tagihan/invoice.
  10. Pembeli tidak diperbolehkan untuk  membuka paket/kiriman Barang hingga memberikan uang pembayaran kepada Mitra Kurir.
  11. Pembeli dapat melakukan pengembalian Barang atau retur apabila Pembeli belum membuka paket/kiriman Barang. Apabila Pembeli melakukan pengembalian Barang atau retur tanpa membuka paket/kiriman Barang, maka Pembeli tidak perlu memberikan uang pembayaran kepada Mitra Kurir.
  12. Apabila Pembeli sudah membuka paket/kiriman Barang dan ingin melakukan pengembalian Barang atau retur, maka Pembeli wajib membayar semua pesanan kepada Mitra Kurir dan mengajukan komplain pengembalian Barang atau retur kepada Penjual melalui Pusat Resolusi.
  13. Apabila Pembeli melakukan pembelian lebih dari 1 (satu) Barang dalam 1 (satu) paket/kiriman dan bermaksud untuk melakukan pengembalian Barang atau retur, maka Pembeli harus mengembalikan semua Barang tersebut melalui Mitra Kurir, atau apabila ingin melakukan pengembalian Barang atau retur terhadap sebagian Barang, maka Pembeli wajib membayar semua pesanan terlebih dulu kemudian mengajukan komplain melalui Pusat Resolusi.
  14. Apabila pengembalian Barang atau retur diajukan melalui Pusat Resolusi, maka biaya layanan tidak dapat dikembalikan.
  15. Apabila pengembalian Barang atau retur dilakukan sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini, Tokopedia akan menanggung ongkos kirim dan pengembalian Barang atau retur dari Pembeli ke Penjual dan sebaliknya.
D. Penjual
  1. Untuk dapat menawarkan fitur Bayar Di Tempat, Penjual harus mengaktifkan jasa pengiriman Mitra Kurir yang telah bekerjasama untuk menyediakan fitur Bayar di Tempat. Apabila Penjual menonaktifkan jasa pengiriman Mitra Kurir, maka fitur Bayar Di Tempat akan dinonaktifkan secara otomatis.
  2. Fitur Bayar Di Tempat untuk saat ini hanya berlaku untuk tujuan pengiriman barang ke Medan, Jakarta, Solo, Yogyakarta, Surabaya, dan Malang.
  3. Fitur Bayar Di Tempat hanya bisa digunakan Mitra Kurir yang telah bekerjasama untuk menyediakan fitur Bayar di Tempat.
  4. Dengan mengaktifkan fitur Bayar Di Tempat, seluruh Barang yang memenuhi kriteria dapat menggunakan fitur Bayar Di Tempat. Adapun kriteria Barang yang dapat didaftarkan antara lain:
    • Barang dengan harga per unit tidak lebih dari Rp. 1.000.000 (satu juta Rupiah);
    • Barang tidak termasuk kategori Makanan & Minuman; dan
    • Barang tidak sedang mengikuti promo Flash Sale Tokopedia.
  5. Apabila pemesanan Barang dilakukan menggunakan fitur Bayar Di Tempat, pengiriman Barang dilakukan melalui fitur request pickup dan Penjual tidak dikenakan biaya pengiriman.
  6. Penjual wajib memastikan bahwa Barang telah dikemas sesuai dengan standar pengemasan yang diberlakukan oleh Mitra Kurir.
  7. Penjual wajib memastikan bahwa label pengiriman yang telah disediakan oleh Tokopedia telah dicetak dan ditempelkan pada kemasan Barang.
  8. Penjual memahami bahwa Pembeli diperbolehkan untuk melakukan pengembalian Barang atau retur.
  9. Penjual tidak dapat melakukan pergantian kurir apabila Pembeli menggunakan fitur Bayar Di Tempat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengaktifkan dan Info Bayar di Tempat Tokopedia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel