Perbedaan Sales dan Marketing
Pastinya kita sudah tak asing lagi dengan istilah Marketing dan Sales di dunia usaha . Banyak orang yang salah kaprah yang mengira kalau marketing itu menjual janga panjang , sedangkan Sales menjual jangka pendek . terus apa sih perbedaan yang sebenarnya dari Marketing dan Sales .
Penjelasan berikut akan membantu anda untuk memahami dengan jelas dan benar tentang Marketing ( Pemasaran ) dan Sales ( Penjualan )
American Marketing Association mendifinisikan bahwa pemasaran adalah " The process of Planning and executing the conception , pricing , promotion , and distribution of ideas , goods and services to create exchanges that satisfy individual and organizational objectives . "
Sementara penjualan di definisikan " The personal communication of information to persuade a prospective customer to buy something - a good , service , idea , or something else that satisfies that individual's need "
secara umum bisa dikatakan bahwa tujuan utama dari departement pemasaran adalah membangun Produk , merancang Strategi Distribusi , harga , promosi , dan mengedukasi pasar sehingga pelanggan mengenal dan mempunyai keinginan untuk membeli produk yang ditawarkan .
Adapun tujuan dari departemen penjualan adalah menjual produk kepada pelanggan baik secara langsung maupun tidak langsung , seperti melalui dealer sehingga pelanggan mudah mendapatkan produk .
William J Staton juga memberikan pendapat perbedaan antara pemasaran dan penjualan sebagai berikut
Pemasaran
- Tekanannya pada keinginan dan kebutuhan konsumen
- Perancanaan berorientasi ke hasil jangka panjang berdasarkan produk produk baru .
- Perusahaan pertama tama menentukan apa yang diinginkan konsumen dan kemudian membuat atau mencari jalan keluarnya bagaimana membuat dan menyerahkan produk tersebut untuk memenuhi keinginan konsumen
- Berakhir pada kepuasan konsumen
Penjualan
- Tekanan pada produk
- Perusahaan pertama tama membuat produk dan kemudian bagaimana menjualnya
- Perencanaan berorientasi ke jangka pendek berdasarkan produk dan pasar
- Tekanannya pada kebutuhan penjual
- Managemen berorientasi pada laba volume penjualan
Dari kedua perbedaan tersebut William J Staton menyimpulkan bahwa penjualan berawal dari produk dan berakhir pada ketentuan atau laba , sedangkan pemasaran berawal dari keinginan konsumen berakhir pada kepuasan konsumen.
Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Sales dan Marketing"
Posting Komentar