Membuat Identitas Merek yang Kuat
Bicara soal merek , tiap orang punya favorit masing masing , bahkan sangat fanatik pada merek tertentu . misalkan Saat beli Handphone harus merek Samsung atau Mobil harus merek BNW . Sangatlah beruntung kalau produkmu termasuk merek pilihan favorit pelanggan . Karena itu , identitas yang kuat sangat penting bagi sebuah bisnis.
Banyak yang menganggap Identitas merek hanya sebatas logo , apalagi banyak orang sengaja memamerkan merek produk yang dipakainya, mulai tas hingga Handphone. tapi sebenarnya banyak hal lain dari sebuah merek selain logo . Apa aja contohnya ?
- Nama Perusahaan atau Nama Produk
- Slogan atau Moto
- Reputasi atau pemasaran dari mulut ke mulut
- Kemasan dan / atau design produk
Semua hal tadi hanya beberapa elemen yang membentuk suatu merek . pada dasarnya merek adalah segala hal yang bisa membedakan bisnismu dari kompetitor , baik dari segi bisnis , produk , hingga pelayanan jasa .
Seseorang yang memiliki ikatan emosional dengan produkmu akan jadi pelanggan setia dan penyuka produkmu . Supaya bisa sampai tahap ini , bisnis mu harus lebih dari sekedar bisnis. Sebuah merek bisa mewakili suatu bisnis dan menggugah emosi pelanggan . Bisnismu akan dianggap lebih dari sekedar penyedia barang dan jasa dan pelanggan tahu kenapa mereka lebih cocok dengan produkmu dibanding kompetitor lain . Untuk membentuk identitas merek yang kuat kamu perlu mengembangkan 4 pernyataan tentang bisnismu.
- Pernyataan Visi
Pernyataan Inspirasional yang menyampaikan apa motivasi serta tujuan bisnismu . Peryataan yang menunjukan identitas bisnismu tersebut harus bermakna , menarik , dan memberi inspirasi bagi para karyawan , pelanggan dan mitramu
2. Pernyataan Misi
Pernyataan ini lebih konkret dan dapat diubah menjadi tindakan , juga menjelaskan alasan pendirian bisnismu , apa yang telah di lakukan , serta produk dan layanan apa yang ditawarkan .
3. Karakter Merek
Satu kata yang menggambarkan pada banyak orang tentang apa yang diwakili oleh merekmu , misalnya Android Samsung punya karakter " mewah dan elegan ". sementara Android Xiaomi memiliki karakter " Termurah "
4. Kepribadian
Tentukan gaya bicara , warna dan desain khas yang akan digunakan dalam materi pemasaran maupun komunikasi dengan pelanggan .
Bagaimana cara membuatnya ?
Untuk membuat pernyataan visi yang tepat , cari tahu apa yang berkaitan dan tidak berkaitan dengan bisnismu . Apa alasanmu memulai bisnis dan cara melakukannya . Contoh : Perusahaan Tetra Kreatif membuat produk botol hias dari botol kaca bekas . Bisnis ini dipilih pemilik perusahaan untuk melestarikan lingkungan dan menunjukan ke kreatifitas . Lalu pikirkan produk terpenting yang kamu tawarkan dan bandingkan dengan jenis produk apa yang tidak akan kamu tawarkan ( ata berlawanan dengan yang kamu lakukan atau bertengangan dengan prinsipmu ) . Supaya makin lengkap cari tahu seperti apa target pelanggan menggambarkan bisnismu dan apa yang kamu inginkan untuk bisnismu di masa depan . Satukan semua dalam satu kalimat yang inspiratif yang memuat nama bisnismu aspirasi , dan caramu menjalankan bisnis . untuk Tetra Kreatif mislkan menghadirkan kerajinan botol hias dengan seni kerajinan yang unik , modern , dan ramah lingkungan .
Bagikan pernyataan visi ini dengan orang orang yang bekerja bersamamu . Semakin mereka memahami dan mempraktikannya , maka semakin kuat merekmu .
Untuk membuat pernyataan misi , tanyakan apa yang di tawarkan bisnismu bagi pelanggan ? bisnismu bergerak di bidang industri apa ? Seni , Makanan , Layanan Kesehatan , Hiburan atau yang lainnya ? Siapa saja pelangganmu ? apa yang kamu lakukan supaya bsinismu sesuai dengan kubutuhan industrimu ( produk inovatif , data , diskon , dll ) ? apa semua itu membedakanmu dengan kompetitor ? apalagi yang membuat bisnismu berbeda ? satukan semuanya dalam satu kalimat pendekyang singkat dan padat , dan tidak berlebihan .
Contoh untuk Tetra Kreatif misinya seperti berikut :
Tetra Kreatif berdedikasi mengahadirkan produk kerajinan yang unik , modern , dan ramah lingkungan dengan harga terjangkau . setiap produk di buat dengan tangan oleh para pengrajin Seni Lokal yang Profesional .
Karakter merekmu mewakili misi dan visi bisnismu dalam satu kata . pikirkan emosi seperti apa yang dirasakan pelanggan saat memikirkan bisnismu . apa mereka merasa aman , bebas , senang , gembira , rileks, percaya diri , atau lainnya ? fokuskan pada satu perasaan , lalu lakukan survei atau diskusi kelompok untuk mencari tahu kesesuaiannya dengan dugaanmu . Saat menentukan kepribadian merek , tanya diri sendiri : kalau produk saya adalah manusia , orang yang seperti apa ?
Setelah memiliki keempat elemen merek tersebut manfaatkan untuk memandumu merancang pemasaran dan strategis bisnis , seta pelaksanaannya .
Mislnya pernyataan visi bisa membantu agar iklanmu selangkah lebih maju dan fokus pada target bisnis. semenara pernyataan misi bisa memastikan iklan yang dibuat sesuai dengan inti bisnismu. Iklanmu juga harus membuat orang merasakan emosi yang sesuai dengan satu kata yang mewakili karakter merekmu . Gaya bicara dalam iklan juga harus sesuai dengan kepribadian merekmu.
Semua elemen ini membantu tim pemasaran mengkomunikasikan tentang bisnismu , kenapa produkmu berbeda dengan yang lain , dan tipe pelanggan yang sesuai dengan produkmu . ini akan memperkuat posisi merekmu di industri dan pikiran pelanggan .
Semua pihak yang terlibat dalam pemasaran baik di dalam maupun luar perusahaan , perlu memahami 4 elemen produk ini dengan baik . dengan begitu , pemasaranmu akan menjadi konsisten di semua tempat .dan jangan lupa kamu sebagai pemilik merek harus hidup sesuai dengan identitas merekmu . pelanggan tak akan mau berbisnis dengan merek yang tak bisa mereka percaya
KESIMPULAN POINT UTAMA
1. Identitas merek meliputi segala hal yang membedakan produkmu dari kompetitor .
2. Untuk mengembangkan merekmu , buat pernyataan visi , misi , karakter , dan kepribadian yang tepat.
3. Pastikan Anda secara otentik dapat memberikan identitas merek Anda
Belum ada Komentar untuk "Membuat Identitas Merek yang Kuat"
Posting Komentar